Sabtu, 29 Desember 2012

Public Speaking


Public speaking merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya dengan interaksi social yangmana seseorang harus mampu berbicara didepan pendengar baik formal maupun informal. Seorang public speaker harus mampu menempatkan dirinya sebagai pembicara dan sebagai pendengar. Dengan kata lain seorang public speaker harus dapat menghargai seorang pendengar, karena dengan itu seorang pendengar akan merasa dihormati oleh seorang pembicara, bukan sebagai pendengar saja tapi juga saling terkait antara pembicara dengan pendengar agar supaya seorang pendengar tidak bosan dengan keadaan yang ada.
Tidak menutup kemungkinan seorang pendengar dalam suatu acara atau seminar yang dihadapi oleh seorang public speaker mempunyai taraf kecerdasan yang berbeda-beda. Karena yang dihadapi oleh public speaker bukan hanya seorang pendengar akan tetapi berbagai orang pendengar dari kalangan manapun. Sehingga apa yang disampaikan oleh public speaker terhadap pendengar pastilah mempunyai pemahaman yang berbeda-beda dimata pendengar. Hal ini disebabkan karena latar belakang pendidikan, pengalaman dan taraf kecerdasan yang diperoleh oleh khalayak.
Seorang public speaker harus dapat mengusahakan dirinya agar khalayak mampu menjadi pendengar yang aktif, sehingga hal yang perlu dilakukan oleh public speaker adalah “memberikan pengantar yang menarik” dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pendengar, “menciptakan kewibawaan” dengan maksud untuk menciptakan kemampuan yang menarik dan penampilan yang simpatik agar khalayak menjadi tidak bosan dengan keadaan yang ada, “menciptakan landasan pengetahuan yang sama” dengan tujuan agar pembicara dapat menyesuaikan taraf pengetahuan dengan khalayak sehingga seorang public speaker mampu membawa khalayak kedalam taraf pengetahuan yang leih tinggi. Akan tetapi ada beberapa halangan-halangan menjadi pendengar yang baik antara lain:
1.      Kesulitan mendengarkan apa yang dibicarakan oleh public speaker karena sebab-sebab teknis.
2.      Gangguan dalam pandangan
3.      Hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian
4.      Kelelahan atau keadaan sakit
5.      Waktu yang terbatas
6.      Dan lain sebagainya
Dalam kaitannya dengan hal ini, seorang public speaker sebaiknya mempunyai berbagai pengetahuan dan kemampuan agar dapat melakukan public speaking dengan baik dan benar. Kemampuan-kemampuan tersebut diantaranya adalah:
1.      Mampu menyajikan materi dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pendengar
2.      Menyajikan bahan materi secara sistamatis
3.      Menguasai materi dengan baik
4.      Menyesuaikan diri dengan khalayak secara cepat
5.      Tidak menimbulkan ketegangan walaupun kadang-kadang menyajikan hal-hal yang bersifat kontroversional
6.      Membentuk opini yang positif
7.      Berdiskusi dengan lancer
8.      Membimbing khalayak kea rah kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi secara mandiri, serta
9.      Mengakui keterbatasan pengetahuan.
Sehingga seorang public speaker mampu menerapkan berbagai pengalaman dan peranan sekaligus terhadap khalayak yang dihadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar